Teori Etika Dalam Lingkungan Masyarakat

November 30, 2011 at 3:32 pm (Uncategorized)

S0AL

1. Sebutkan teori etika yang anda ketahui selain yang sudah dijelaskan minimal 3?

2. Tuliskan contoh etika umum yang berlaku di masyarakat minimal 5?

3. Bagaimana pendapat saudara tentang paham hedonisme bila diterapkan pada era sekarang ini?

Jawab

1. Teori Etika, antara lain :

a. ETIKA DEONTOLOGI
Teori ini sudah ada sejak periode filsafat Yunani kuno, tetapi mulai diberi perhatian setelah diberi penjelasan dan pendasaran logis oleh Filsuf Jerman yaitu Immanuel Kant. Kata deon sendiri berasal dari Yunani yang berarti Kewajiban yaitu Menekankan kewajiban manusia untuk bertindak secara baik. 
Tiga prinsip yang harus dipenuhi, yaitu:
– Supaya suatu tindakan punya nilai moral, tindakan itu harus dijalankan berdasarkan kewajiban. Nilai moral dari tindakan itu tidak tergantung pada tercapainya.
– Tujuan dari tindakan itu melainkan tergantung pada kemauan baik yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan itu-berarti kalaupun tujuannya tidak tercapai,tindakan itu sudah di nilai baik. Sebagai konsekuensi dari kedua prinsip itu,kewajiban adalah hal yang
– Niscaya dari tindakan yang dilakukan berdasarkan sikap hormat pada hokum moral universal.

b. Etika pengembangan diri sesuai dengan kodratnya
Etika Aristoteles merupakan etika pengembangan diri, karena kebahagiaan (eudaimonia) yang menjadi tujuan hidup manusia tercapai kalau manusia mengembangkan dirinya secara penuh sesuai dengan kodratnya. Kodrat di sini dimaksudkan dalam arti metafisis, yakni apa yang menjadi hakikat keberadaan manusia. Untuk mengenal apa yang menjadi kodrat atau hakikat keberadaan sesuatu, Aristoteles melihat fungsi operasional (ergon) yang khas pada pengada tersebut. Finalitas atau keterarahan pada tujuan akhir suatu pengada bagi Aristoteles merupakan suatu gagasan yang sentral untuk etikanya, karena menurut dia kodrat setiap pengada mengarah pada tujuan akhirnya. Kebahagiaan sebagai tujuan hidup manusia baru tercapai kalau manusia hidup sesuai dengan ergon-nya yang khas. Untuk menetapkan apa itu kebahagiaan bagi manusia perlulah ia mengerti apa yang menjadi tujuan akhir kodrat keberadaannya sebagai manusia.Dibandingkan dengan makhluk hidup yang lain, jiwa manusia mempunyai aspek vegetatif seperti halnya tumbuh-tumbuhan, dan mempunyai aspek sensitif seperti halnya binatang. Yang khas untuk manusia adalah aspek rasional dari kejiwaannya. Kalau yang menjadi kekhasan manusia adalah aspek rasional kejiwaannya, maka ergon manusia mesti bersangkutan dengan aspek ini.

c. Etika Keutamaan
Etika Aristoteles, lain dengan etika yang biasa disebut sebagai etika kewajiban (seperti etika Kant misalnya), adalah etika keutamaan. Hidup baik adalah hidup sesuai dengan keutamaan yang masih ia bedakan menjadi keutamaan intelektual dan keutamaan moral. Dari segi moral, suatu tindakan secara objektif dinilai berkeutamaan(virtuous) oleh Aristoteles kalau itu merupakan kegiatan yang diatur oleh akal budi sesuai dengan prinsip kebijaksanaan jalan tengah/“the rule of the just middle”(mesotes), yakni menghindarkan ekstrem terlalu banyak di satu pihak dan ekstrem terlalu kurang di lain pihak. Keutamaan keberanian misalnya terletak antara kenekadan di satu pihak dan menjadi pengecut di lain pihak.

2. Contoh – contoh Etika Umum yang berlaku di masyarakat, yaitu:

a. Sopan, ramah tamah, dan bertegur sapa saat bertemu dengan tetangga 
b. Tidak saling menghina.
c. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti dilingkungan rumah.
d. Orang yang mencuri barang milik orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya,akan diberi sanksi yang tegas 
e. Moral yang baik dalam pergaulan sehari-hari dan dimanapun kita berada.

3. Menurut saya salah jika menerapkan sikap hedonisme dalam era globalisasi sekarang, larena sikap hedonisme tersebut dapat merugikan kita sendiri dengan menghambur-hamburkan harta yang kita dapat dengan susah payah. Sikap hedonisme ini juga dapat menyebabkan kecemburuan sosial, karena banyak masyarakat saat ini yang berada dibawah garis kemiskinan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: